Generasi milenial identik dengan budaya konsumerisme. Oleh sebab itu, golongan milenial ini menjadi target pasar yang sangat strategis. Tidak hanya itu, generasi milenial pun sangat lekat dengan media sosial. Dengan demikian, butuh taktik khusus untuk menggaet generasi milenial. Berikut adalah beberapa tips marketing untuk menarik generasi milenial.
- Mengaplikasikan soft-selling
Generasi milenial cenderung tidak suka “disuruh” atau “diperintah”. Mereka tidak akan tertarik dengan iklan yang secara terang-terangan meminta mereka untuk membeli produk yang diiklankan tersebut. Buatlah iklan dengan pesan-pesan produk yang tersirat yang akhirnya membuat generasi milenial tertarik dan akan membeli produk yang kamu jual.
- Buat segmentasi pasar
Tidak efektif jika kamu membuat konten pemasaran yang sama untuk semua generasi milenial. Perlu diingat bahwa milenial tidak seragam. Kamu butuh membuat segmentasi pasar sehingga kamu bisa membuat konten pemasaran yang berbeda dan disesuaikan dengan segmen pasar yang kamu targetkan tersebut.
- Kerja sama dengan influencer
Sebutan influencer menjadi sangat familiar, terutama di kalangan pengguna media sosial, beberapa tahun terakhir ini. Influencer merupakan sebutan bagi mereka yang dianggap memiliki massa dan mampu mempengaruhi massa tersebut. Misal, selebgram dengan ratusan ribu pengikutnya.
Saat ini banyak sekali bisnis yang menggandeng para influencer untuk mengiklankan produk mereka. Hal ini dirasa efektif, mengingat para influencer ini memiliki pengaruh yang cukup besar. Namun kamu tidak bisa sembarangan juga ya memilih influencer mana yang ingin kamu ajak kerja sama.
- Maksimalkan aspek visual
Tak dapat disangkal lagi bahwa aspek visual lebih menarik dibandingkan dengan tulisan. Konten visual dianggap lebih mudah dicerna dan dipahami dibandingkan tulisan deskripsi yang panjang. Oleh sebab itu, maksimalkan visual dalam konten pemasarran. Jangan lupa selalu memberika inovasi untuk konten media sosial, website, dan sebagainya, agar semakin menarik.
- Maksimalkan personalisasi
Keunikan masing-masing individu merupakan salah satu hal yang penting dalam hal pemasaran. Terkait hal ini, kamu bisa manfaatkan media sosial untuk menggali informasi mengenai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam rentang usia ini. Dengan demikian, materi untuk pemasaran pun menjadi lebih matang. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk menyapa generasi milenial dengan sapaan yang santai.
- Responsif
Harus aktif di media sosial adalah syarat wajib jika ingin dekat dengan generasi milenial. Kamu harus mempunyai layanan konsumen selama 24 jam non-stop untuk membuat targetmu merasakan layanan yang maksimal. Kamu harus siap dengan berbagai pertanyaan, keluhan, serta permintaan dan saran. Bisa juga membuat sebuah komunitas online sehingga kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada mereka.
Generasi milenial memang memiliki banyak kesamaan antar satu dengan yang lain, namun mereka tetaplah individu yang unik dan akan menanggapi pesan yang kamu sampaikan dengan cara yang berbeda-beda. Terus belajar untuk membuat konten pemasaran yang kreatif dan satu visi dengan generasi milenial!